Sabtu, 18 Februari 2012

Awas! Ganti Setang Racing, Kabel Kopling Ninja 250R Rawan Nyangkut


Setang racing menekuk ke tangki, minta kabel
kopling lebih panjang
Aplikasi setang racing, sudah jadi bagian dari
paket gaul Kawasaki Ninja 250R. Sayangnya, banyak
pemakai setang racing mengeluh Ninjanya sulit belok
maksimal ke kanan. Ternyata radius putar setang
terganjal kabel kopling. Ya, kabel kopling standar jadi
terlalu pendek jika pakai setang racing.
Diamini Jaenudin alias Jae. "Untuk menikung sambil
jalan, enggak masalah. Tapi, pas parkir atau di
kemacetan, sulit belok. Akibatnya, banyak yang ngaku
kabel kopling cepat putus," ucap mekanik bengkel
resmi Kawasaki Ninja, di Gading Serpong,
Tangerang itu.
Mengatasinya gampang. Cukup ganti kabel dan
rumah kabel kopling yang lebih panjang. Jae
menyebut bisa pakai kabel kopling Honda GL. Jika
ingin pakai produk ori Kawasaki, bisa mengadopsi
kabel kopling KLX 150. "Punya KLX 150 lebih panjang
sekitar 5 cm," jelas Jae.
Keuntungan lainnya, baik kabel kopling Honda GL
atau Kawasaki KLX 150, harganya lebih murah dari
kabel kopling orisinal Ninja 250R. Kalau punya GL
dan KLX150 di kisaran Rp 30.000, punya Ninja 250R
banderolnya bisa 3 kali lipat.
Memasangnya pun bisa dilakukan sendiri. Dengan
sedikit trik, tak perlu sampai bongkar cover bodi dan
fairing. "Pakai sistem gandeng. Lepas kabel kopling
asli dari pengungkit di bak kopling. Lalu,
'gandengkan' kabel kopling baru dengan yang asli.
Berikutnya, tinggal lepas ujung kopling di handel dan
tarik kabel lama. Dengan begitu, kabel baru akan ikut
terbawa. Gampang, kan?!
(motorplus-online.com)