Cornering atau berbelok pada tikungan, pastinya ada tekniknya agar
cornering dapat dilakukan dengan aman dan membawa keselamatan untuk
diri sendiri dan orang lain dijalan, cornering berikut gw bahas untuk
dilakukan pada tikungan-tikungan yang cenderung luas / lebar jalannya.
Ada 6 cara berbelok pada tikungan (cornering) yang aman:
1. Kurangi
kecepatan ketika akan memasuki tikungan, ambil sisi luar pada lajur
(bukan jalur/jalan). Kenapa harus mengambil sisi luar pada jalur?
karena hal ini dapat membuat kita melihat keadaan sekitar tikungan yang
akan kita lalui.
2. Lihat disekitar tikungan, jangan lihat ke
bagian2 motor atau hal-hal lain yang tidak bersangkutan dengan
tikungan. Pada saat melihat/memperhatikan tikungan, periksa keadaan
disekitar tikungan, mulai dari kondisi jalan, keadaan dari jalur
berlawanan, dan lain-lain. Fokuskan pandangan pada aspal(jalan) yang
akan kita lalui, buatlah seolah-olah bayangan garis yang akan dilalui
oleh motor kita pada aspal di ditikungan tersebut.
3. Rebahkan
(condongkan) badan kedepan sedikit, hal ini dilakukan untuk lebih
memberikan penekanan pada bagian depan motor dan membuat motor lebih
mudah dikendalikan saat akan memasuki tikungan, lebih siap bermanuver,
dan lebih pasti dalam melakukan pencengkraman tuas rem. Rebahkan
(condongkan) badan sedikit kedepan dan berpegang kuat pada kemudi.
4. Ketika
memasuki tikungan, rebahkan badan sesuai dengan arah tikungan yang
ingin dilewati. Lakukanlah dengan cara perlahan, hal ini akan membuat
motor dengan sendirinya membelok mengikuti arah kemiringan badan kita
(*hal ini sering dilakukan oleh pembalap-pembalap motoGP).
5. Selagi
motor membelok mengikuti kemiringan arah badan, fokus pandangan tetap
pada keadaan jalan, jangan pernah lengah / lepas dari pandangan selama
kita melakukan hal ini.
6. Saat motor masuk ke tikungan, perlahan
putar gasnya untuk mendapatkan akselerasi, hal ini dapat membantu dalam
mempertahankan traksi ban dan stabilitas dalam berkemudi. Tetap waspada
dan fokus pada keadaan disekitar!!
Singkat kata dalam prakteknya gini nih….
(saat
akan memasuki tikungan): beberapa meter sebelum tikungan ambil sisi
paling luar dari jalur yang kita lewati, periksa spion, lakukan
pengereman sampai mendapatkan kecepatan yang pas untuk melakukan
cornering, liat ke tikungan, badan condong kedepan…
(saat masuk
ketikungan): badan direbahkan sesuai dengan arah tikungan yang ingin
dilewati, pandangan lurus kedepan, tetap perhatikan segala keadaan pada
tikungan dan sekitarnya, putar gas lagi secara perlahan untuk
mendapatkan akselerasi… ingat pengendara lah yang mengendalikan
motornya, bukan motornya yang mengendalikan pengendaranya.
Dan ingat juga hal ini dapat dilakukan dengan satu syarat yang tidak dapat terpisahkan, yaitu kurangi kecepatan saat akan
memasuki tikungan dan fokuskan pandangan pada jalur yang akan dilalui. Mohon tidak digunakan untuk kepentingan egoisme dan kegagahan semata, berbijaklah dalam mengambil tindakan dijalan.